Program Studi Produksi Ternak Produksi Ternak Produksi Ternak

Terakreditasi B BAN-PT Nomor 0001/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/I/2016

Program ini menawarkan perkuliahan selama 3 tahun (6 semester) di bidang peternakan dengan kompetensi utama produksi ternak yang meliputi budidaya, pemeliharaan, dan pengolahan hasil ternak (seperti sapi, kambing, ayam dll). Calon mahasiswa yang bisa mendaftar program ini adalah lulusan SLTA atau sederajat dari berbagai jurusan khususnya yang mengajarkan biologi, kimia dan matematika. Dalam proses belajar mengajar, mahasiswa mengikuti perkuliahan baik di kelas, laboratorium maupun di lapangan selama 5 semester, termasuk menyelesaikan tugas akhir. Kemudian pada semester 6, mereka mengikuti program magang di perusahaan-perusahaan yang relevan. Setelah menyelesaikan program ini, lulusan akan mampu menguasai keterampilan teknis dan manajerial dalam membudidayakan, memelihara dan mengolah hasil ternak. Sehingga dengan memiliki kompetensi tersebut, lulusan memiliki peluang kerja menjadi wirausahawan di bidang penggemukan sapi, produksi susu sapi perah, ayam pedaging, ayam petelur, penggemukan kambing, produksi susu kambing, dan dapat juga bekerja sebagai karyawan di industri peternakan dan pengolahan hasil ternak (meat, milk, egg, etc.).

Menjadi pusat pendidikan vokasi dan pengembangan keahlian di bidang produksi peternakan yang profesional dan berdaya saing di tingkat Asia pada tahun 2025.

1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan secara efektif dan efisien dengan menggunakan kurikulum berbasis capaian pembelajaran.

2. Mengembangkan ilmu pengetahuan bidang peternakan melalui program risunggulan berbasis sumber daya lokal.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tugas tridharma Perguruan Tinggi.

4. Memperluas jaringan kerjasama dengan lembaga pendidikan di tingkat nasional dan internasional serta industri bidang peternakan.